Minggu, 06 Maret 2011

Marketing Communication in Airlines

The Relationship of ‘Marketing Communication Plaforms’
with the Consumers Intention's in Choosing Airlines
in the Era of Airlines Services Competition

by: Agus S Sadana

Summary of Research
ABSTRACT
Dalam ketatnya persaingan memperebutkan konsumen jasa penerbangan pada jalur domestik di Indonesia, selain masalah kualitas jasa, cara berkomunikasi melalui marketing communication dipandang sebagai faktor yang penting bagi maskapai penerbangan. Penelitian yang mengacu kepada faktor-faktor penting marketing communication ini mempelajari hubungan antara: (a) tayangan iklan, (b) brosur, bookles, leflet, dan poster, (c) tampilan simbol dan logo maskapai, (d) kegiatan public relation dan sponsorship, (e) adanya pameran dan pembagian cenderamata, (f) undian berhadiah, (g) tarif diskon atau harga tiket yang kompetitif, serta (h) tawaran program paket perjalanan dan liburan dengan menggunakan maskapai penerbangan tertentu dengan minat atau intention to use masyarakat calon konsumen jasa penerbangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor: (a) tayangan iklan di berbagai media, (b) kegiatan sponsorship, pameran dan pembagian cenderamata, (c) undian berhadiah, serta (d) tarif diskon atau harga tiket yang kompetitif, merupakan faktor-faktor yang signifikan hubungannya dengan minat atau intention to use masyarakat calon konsumen, dengan nilai rata-rata sikap di atas 3,5 atau hanya mendekati skala 4 pada skala 1 sampai dengan 5. Pada faktor-faktor yang signifikanpun sikap masyarakat yang diwakili oleh responden belum sepenuhnya yakin pada minatnya. Sementara beberapa faktor lainnya yang tidak signifikan menunjukkan rata-rata nilai sikap di bawah 3,5 dan mendekati angka 3. Pada faktor-faktor ini sikap masyarakat yang diwakili oleh responden cenderung biasa saja, atau bisa dikatakan sebagai sikap yang kurang perhatian. Artinya secara umum maskapai penerbangan masih perlu menyeimbangkan antara janji yang disampaikan melalui marketing communication dengan realisasinya yang beritanya akan cepat menyebar melalui berbagai media.

keyword: marketing communication, airlines services.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar